Review Razer Blade 15

 Review Razer Blade 15 

https://www.teknologimaju.com/2021/09/review-razer-blade-15.html

 

Razer Blade ditenagai oleh prosesor Nvidia Ampere dan Intel generasi ke-11, Razer Blade 15 lebih kuat dari sebelumnya, dan akhirnya mampu benar-benar memberi daya pada layar 4K yang fitur opsi kelas atas dalam game. Nvidia GeForce RTX 3080 dalam model yang kita lihat di sini adalah pasangan yang sempurna untuk layar 4K ini. Dan semua hal lain yang membuat Razer Blade 15 lebih menonjol dibanding lainya.

Ini masih merupakan laptop gaming yang sangat tipis dan ringan. Padahal, dengan layar 4K dan perangkat keras laptop paling haus daya di pasaran, masa pakai baterai masih menjadi kendala besar bagi Razer Blade 15.

Spesifikasi Razer Blade 15 (2021):

  • CPU: 2.4GHz Intel Core i9-11900H (delapan core, cache 24MB, hingga 4.9GHz Turbo)
  • Grafis: Nvidia GeForce RTX 3080RAM: 32GB
  • Layar: 15-inci 4K Touch OLED, 60Hz
  • Penyimpanan: 1TB SSD
  • Port: 2 x Thunderbolt 4, 3 x USB 3.2 Gen 2 Tipe-A, 1 x pembaca Kartu SD, 1 x HDMI, 1 x Power, 1 x Kensington Lock
  • Konektivitas: Intel Wireless Wi-Fi 6E AX210 (IEEE 802.11a/b/g/n/ac/ax), Bluetooth 5.1
  • Kamera: FHD Webcam w/ IR
  • Berat: 4,4lbs (2,01kgs)
  • Ukuran: 13,98 x 9,25 x 0,67 inci (355 x 235 x 16,99 mm; W x D x H)

Ada banyak laptop gaming lain di luar sana yang dapat memberikan spesifikasi dan kinerja serupa, bahkan tanpa kehilangan banyak portabilitas. Sesuatu seperti Asus TUF Dash F15 sama portabelnya, meskipun chip Tiger Lake H35 yang lebih lemah akan tertinggal di belakang Core i7 generasi ke-11 yang penuh energi di Razer Blade 15.

Namun kali ini, ada tantangan langsung ke Razer Blade 15 yang datang langsung dari Razer. Razer Blade 14 bersaing ketat dengan Blade 15 dalam performa, pada titik harga yang sama. Dan, ini bahkan lebih portabel untuk di-boot. Selain itu, jika Anda melakukan banyak pekerjaan kreatif yang membutuhkan pekerjaan berat CPU. Satu-satunya hal yang dimiliki Razer Blade 15-inci di atas Blade 14 pada saat ini adalah layar 4K.

Desain Desain Razer Blade 15 tidak banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir. Razer Blade masih memiliki sasis aluminium unibody serba hitam dan logo Razer menyala di bagian atas laptop. Ada juga trackpad besar dan beberapa speaker terbaik di laptop gaming saat ini. Dan, tentu saja, keyboard yang cocok untuk Anda. Untuk laptop yang memiliki perangkat keras yang begitu kuat, laptop ini juga sangat tipis dan ringan, dengan berat hanya 1,9 Kg dan tebal hanya 0,67 inci. Hal ini menjadikan Razer Blade 15 salah satu laptop paling portabel di kelasnya, dan gamer yang tidak ingin mengorbankan performa saat bepergian akan menemukan banyak hal yang disukai di sini. 

Model dengan layar OLED sentuh 4K, dan wow cantik sekali. Ini memiliki kecerahan rata-rata sekitar 313 nits.

Daya tarik bukan hanya dari tampilannya saja, speakernya juga luar biasa. Bassnya tebal dan cukup keras untuk memenuhi ruangan. Dan tidak banyak detail yang hilang di high-end selama lagu-lagu bass-berat atau urutan penuh aksi dalam film dan game. Masih tidak akan mengalahkan membeli headset gaming yang bagus atau apa pun, tetapi speaker pasti menyelesaikan pekerjaan. Laptop Windows lainnya mulai mengejar Razer dalam hal trackpad, tetapi Razer Blade 15 masih memiliki salah satu trackpad terbaik di sisi MacBook terbaik ini. Kelemahan pada laptop ini adalah trackpad kurang bagus untuk bermain game PC, jadi Anda mungkin ingin memasangkan laptop ini dengan mouse gaming.

Keyboard juga sebagus biasanya, dengan banyak perjalanan dan beberapa pencahayaan RGB yang indah. Untuk port, sebenarnya ada banyak hal mengingat betapa tipisnya laptop ini. Di sisi kanan, Anda memiliki kunci Kensington, HDMI, USB-A, dan port Thunderbolt 4. Di sebelah kiri, Anda memiliki port pengisian daya, Thunderbolt 4 lainnya, dua port USB-A lagi, dan jack audio 3,5 mm kombo. Tidak ada kekurangan laptop yang membuang banyak port ini atas nama membuat laptop lebih tipis dan lebih ringan, tetapi Razer sejauh ini menahan keinginan tersebut – semoga hal itu terus berlanjut. 

Razer Blade 15 memiliki webcam yang luar biasa. Anda mendapatkan webcam 1080p. Mikrofon juga terdengar bagus, mengambil suara kita tanpa terlalu banyak terganggu oleh suara-suara latar belakang yang mengganggu. Razer Blade sudah diinstal sebelumnya dengan Razer Synapse.  Itu berarti bahwa ketika Anda mengeluarkan laptop dari kotaknya, itu akan boot dengan cepat pertama kali, dan SSD adalah kanvas Anda untuk menginstal apa pun yang Anda inginkan, dan tidak ada yang tidak Anda butuhkan. Webcam juga memiliki sensor IR, yang berarti mendukung Windows Hello.

Previous Post
Next Post

0 Comments: