Laptop Generasi 9 yang Menakjubkan : Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 9

 Review Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 9


 

Kita sekarang berada di generasi kesembilan dari Lenovo ThinkPad X1 Carbon. X1 Carbon secara historis menjadi salah satu laptop bisnis terbaik yang bisa Anda dapatkan. Dan itu tetap terjadi dengan iterasi terbarunya. Lenovo telah membuat beberapa penyesuaian, tetapi sebaliknya, ini adalah keunggulan ThinkPad yang sama seperti yang kami harapkan.

Harga ThinkPad XI

Sebelum kita masuk ke harga, saya perlu membuat peringatan biasa bahwa Lenovo suka menempatkan MSRP yang sangat tinggi di semua ThinkPads-nya, tetapi biasanya tersedia dengan harga yang jauh lebih murah. Jadi basis X1 Carbon (model Linux) memiliki MSRP sebesar $2,336 tetapi saat ini tersedia seharga $1,401,60. Model tersebut mencakup Core i5-1135G7, RAM 8GB (disolder), penyimpanan 256GB, dan layar non-sentuh 1920 x 1200, 14 inci, 400 nit. Model prebuilt menjalankan hingga Core i7-1185G7, 32GB RAM, dan penyimpanan 512GB seharga $3.479 (terdaftar di $2,249.40). Anda dapat menambahkan kamera inframerah, serta layar sentuh dengan Penjaga Privasi Lenovo atau panel UHD+, tetapi opsi tersebut hanya tersedia dengan webcam IR. Kamera IR juga dapat dilengkapi dengan deteksi keberadaan manusia. Sebagai paket lengkap, ini terdaftar seharga $ 2.251,99. Ini memiliki Core i7-1165G7 (turun dari chip paling mahal), memori 16GB, penyimpanan 512GB, layar non-sentuh, tidak ada vPro, dan tidak ada kamera IR. Ini diverifikasi melalui Evo, yang merupakan program yang digunakan Intel untuk mensertifikasi model berkinerja terbaik.

Pembaruan terbesar ThinkPad dari X1 Carbon Gen 8 adalah layar 16:10 baru, fitur yang telah ditambahkan Lenovo ke ThinkPads seri-X di seluruh lini. Ini memberi lebih banyak ruang layar vertikal daripada yang Anda lihat dari 16:9 Carbon Gen 8, yang berarti lebih sedikit menggulir dan memperkecil saat melakukan banyak tugas. Di samping rasio aspek, layar pada perangkat ini cukup bagus. Ini memiliki resolusi 1920 x 1200 dan dilengkapi dengan teknologi baru yang seharusnya mengurangi paparan bluescreen. Unit saya agak redup untuk kategori ini, maksimal pada 297 nits (dinilai 400), tetapi tekstur matte berarti saya masih melihat sedikit silau dalam pengaturan dalam ruangan yang terang dan dapat bekerja dengan nyaman.

Layar

Layar menghasilkan gambar yang bagus dengan warna yang hidup, kontras tinggi, dan detail yang tajam. Layar mencakup 99 persen gamut sRGB dan 87 persen Adobe RGB, yang bagus (meskipun tidak sebanding dengan apa yang akan Anda lihat pada sesuatu seperti panel OLED). Selain tampilan ini, Anda bisa mendapatkan model layar sentuh FHD+ 400-nit atau opsi layar sentuh FHD+ 500-nit yang lebih cerah dengan teknologi Privacy Guard Lenovo, yang mempersulit pengintai potensial untuk mengintip layar Anda dari samping. (Opsi ini tidak memiliki filter bluescreen) Lalu ada layar non-sentuh UHD+ 500-nit, yang menyertakan filter bluescreen dan juga mendukung Dolby Vision. Panel FHD+ cukup baik sehingga menurut saya kebanyakan orang tidak membutuhkan UHD kecuali jika kecerahan menjadi masalah.

Hal kedua yang ditingkatkan: engselnya. Letakkan Gen 9 di sebelah model ThinkPad X1 Carbon sebelumnya dan Anda akan melihat bahwa yang pertama sekarang memiliki satu engsel bundar yang menghubungkan layar ke dek keyboard. Ada antena komunikasi di dalamnya (jadi tidak ada engsel soundbar, tapi ada sesuatu). Berbicara tentang bezel bawah, logo Lenovo dan X1 Carbon yang terlihat yang menghiasi model sebelumnya kini hilang, menciptakan tampilan yang sedikit lebih halus dan tidak terlalu komersial.

Touchpad

Perubahan ketiga: touchpad lebih besar. 10 persen lebih lebar, khususnya. Semua hal lain tentang touchpad sangat bagus  teksturnya cukup halus dan klik yang mudah. Keyboard juga tajam, meskipun agak keras dan tombol backspace.

Speaker

Ada speaker baru di setiap sisi keyboard. Suaranya sangat bagus, dengan perkusi dan bass yang sangat kuat. Perangkat ini dilengkapi dengan Dolby Access, yang dapat Anda gunakan untuk beralih di antara preset equalizer untuk game, film, musik, dan panggilan suara, serta profil khusus. Ini membuat perbedaan yang nyata.

Touchscreen

Terakhir, pembaca sidik jari match-on-chip kini terintegrasi ke dalam tombol daya (sebelumnya berada di sebelah touchpad). Tentu, itu posisi yang sedikit lebih nyaman. Sensor tidak selalu mendapatkan sidik jari tetapi umumnya berfungsi dengan baik. Jika Anda bukan penggemar pembaca sidik jari, Anda mungkin ingin menggunakan model dengan kamera IR, yang mendukung pengenalan wajah Windows Hello. Deteksi keberadaan manusia memungkinkan komputer untuk secara otomatis bangun saat Anda berada di dekatnya dan mengunci saat Anda menjauh.

Webcam

Ada juga rana webcam fisik, seperti standar untuk ThinkPads kaliber ini. Di tempat lain, Carbon Gen 9 memiliki banyak kesamaan dengan model X1 Carbon sebelumnya. Ini memiliki sasis hitam indah yang sama dengan semua fitur khas ThinkPad, dari TrackPoint merah hingga tata letak keyboard yang unik.

Ukuran sangat tipis dan ringan (2,49 pon, 0,59 inci) namun tetap cukup tahan lama.

Di dalam, X1 Carbon sekarang menyertakan prosesor Intel Generasi ke-11 dengan grafis terintegrasi Iris Xe di seluruh papan. Multitasker yang hebat, tanpa masalah menjalankan panggilan Zoom di atas aliran Spotify di atas tumpukan tab Chrome.

Intel Core i7-1165G7 memberikan beberapa kinerja terbaik yang akan Anda temukan dari laptop sebesar ini. Anda tidak ingin bergantung pada GPU Iris Xe untuk hal-hal yang sangat berat grafis, tetapi dapat membantu dengan semua jenis pemutaran video umum, pekerjaan multimedia, dan tugas komputasi.

ThinkPad membutuhkan waktu 10 menit dan 22 detik untuk mengekspor video 4K lima menit, 33 detik di Adobe Premiere Pro. Itu sekitar 20 detik lebih cepat daripada XPS 13 dengan prosesor yang sama untuk menyelesaikan tugas yang sama. Itu lebih dari dua menit lebih lambat dari M1 MacBook Pro dan mengambil alih dua kali lebih lama dari Dell XPS 15 dengan GTX 1650, hanya untuk menggambarkan seberapa banyak yang dapat ditambahkan oleh GPU entry-level.

 

Previous Post
Next Post

0 Comments: