Menguji Inspiron 15 3000: Sedikit Petarung Anggaran?

 Menguji Inspiron 15 3000: Sedikit Petarung Anggaran?

https://www.teknologimaju.com/2021/11/menguji-inspiron-15-3000-sedikit.html

 

Inspiron 15 3000 sejauh ini telah menjadi salah satu laptop andalan Dell terbaik, tetapi bagaimana ia dapat bersaing dengan pesaingnya dalam tes benchmark? Untuk melihatnya kita akan membandingkan hasil laptop dengan empat sistem harga terjangkau lainnya yang diulas pada tahun 2021: VivoBook 15 dan Laptop L410 dari Asus, Laptop HP 14-dq2020nr, dan MSI Modern 14. Meskipun ada beberapa perbedaan dalam memori, semua dari laptop ini berkisar di kisaran $300 hingga $600 dan berbagi pengaturan CPU dan GPU yang serupa.

Biasanya, salah satu tes benchmark pertama yang dijalankan adalah UL's PCMark 10. Rangkaian benchmark yang luas mensimulasikan berbagai program Windows untuk memberikan skor kinerja keseluruhan untuk alur kerja kantor dan sejenisnya. Sayangnya, laptop murah biasanya tidak memiliki cukup memori untuk menjalankan pengujian dengan benar, jadi kami tidak dapat mengukur kinerja untuk perbandingan seperti biasanya.

Namun, Inspiron 15 3000 berhasil menempatkan beberapa angka di papan, mencetak 3.818 pada tes keseluruhan PCMark 10. Angka antara 4.000 dan 5.000 adalah yang dicari di sini dalam mesin arus utama yang solid. Itu tidak cukup menempel pada pendaratan, tetapi juga tidak mendarat terlalu jauh. Tes Penyimpanan PCMark 10, di sisi lain, tidak dapat dilakukan dan tidak akan berjalan. Kami juga meninggalkan benchmark PugetBench untuk Photoshop kami yang biasa, yang tidak berjalan dengan baik pada sistem dengan memori kurang dari 8GB.

Perbandingan kami dimulai dengan sungguh-sungguh dengan uji benchmark HandBrake 1.4 kami. HandBrake 1.4 adalah transcoder video open-source untuk mengonversi file multimedia ke berbagai resolusi dan format. Karena ini adalah tugas yang membutuhkan CPU, kami tidak mengharapkan jumlah yang tinggi dari laptop anggaran, yang biasanya menggunakan prosesor yang lebih lemah dengan inti yang lebih sedikit.

Inspiron 15 3000 tidak melakukannya dengan baik di sini, berada di urutan kedua dari terakhir, dengan hanya MSI Modern 14 yang lebih buruk. Tentu saja, kemungkinan melakukan pekerjaan multimedia yang serius pada laptop anggaran tidak mungkin.

Tes berikutnya dalam daftar kami adalah Cinebench R23, benchmark multi-core yang dimaksudkan untuk menjalankan semua core dan thread prosesor. Chip Intel Core i3-1115G4 Inspiron bekerja dengan cukup baik tetapi dikalahkan oleh Intel Core i3-1125G4 Laptop HP 14. Asus VivoBook 15 duduk di bangku untuk tes ini, karena Cinebench tidak akan berjalan di perangkat keras.

Melengkapi tes produktivitas adalah benchmark Geekbench, tes stres CPU lain yang dimaksudkan untuk mensimulasikan aplikasi dunia nyata. Prosesor HP Laptop 14 membantunya meraih posisi teratas di sini, tetapi Dell masih berhasil memenangkan sebagian besar kompetisi.

Melengkapi tes produktivitas adalah benchmark Geekbench, tes stres CPU lain yang dimaksudkan untuk mensimulasikan aplikasi dunia nyata. Prosesor HP Laptop 14 membantunya meraih posisi teratas di sini, tetapi Dell masih berhasil memenangkan sebagian besar kompetisi.

Chip grafis terintegrasi telah berkembang jauh, tetapi tes grafis masih sulit dijalankan pada laptop anggaran karena GPU yang lemah dan kurangnya memori. Namun, kami dapat menjalankan satu tolok ukur 3DMark hingga selesai.

Inspiron 15 3000 melakukannya dengan cukup baik di sini, keluar di atas kompetisi anggarannya, sedangkan Asus VivoBook 15 bahkan tidak berhasil. Night Raid adalah yang lebih sederhana dari dua beban kerja pengujian, cocok untuk laptop dengan grafis terintegrasi. Time Spy, yang lebih menuntut dari keduanya, tidak akan berjalan di laptop mana pun di grup pembanding kami.

Inspiron 15 3000 juga merupakan satu-satunya laptop yang berhasil menjalankan GFXBench 5.0, tes stres grafis lain yang menjalankan rutinitas tingkat rendah seperti tekstur, dan tugas tingkat tinggi seperti rendering gambar seperti game untuk mengukur kinerja GPU. Sementara laptop anggaran lainnya kekurangan, Dell mengelola 15 frame per detik (fps) selama pengujian Reruntuhan Aztec 1440p tetapi lebih dari dua kali lipat frame rate selama pengujian 1080p Car Chase. Meskipun bukan laptop gaming dengan cara apa pun, Dell mungkin mengelola beberapa game ringan pada 1080p pada 30fps, selama tidak terlalu intensif grafis. Daya Tahan Baterai yang Memadai

Untuk pengujian baterai kami, kami memutar salinan yang disimpan secara lokal dari film Blender open-source, Tears of Steel pada loop pada kecerahan 50% dan pada volume 100%, bersama dengan beberapa tweak pengujian baterai lainnya. Jika laptop tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpan salinan, kami akan memutar film dari drive. Kami juga memutuskan Wi-Fi sepenuhnya, menempatkan laptop pada mode Pesawat.

Baterai Inspiron 15 3000 kalah bersaing dengan pesaing, tetapi tidak terlalu buruk, mengimbangi sebagian besar pilihan laptop lainnya — dengan pengecualian Laptop HP 14-dq2020nr.

Terakhir, kami mengalihkan perhatian ke layar dan menggunakan alat kalibrator SpyderX Elite Datacolor untuk mengukur kinerja tampilan. Kami menguji tingkat output kecerahan layar pada kecerahan 50% dan 100%, serta mengukur pengaturan gamut untuk tiga ruang warna yang paling relevan untuk pengguna laptop: sRGB,A dobe RGB, dan standar DCI-P3.

Dalam tes terakhir ini, Inspiron bersinar paling terang, meski hanya sedikit. Hasilnya sangat ketat, tetapi tidak ada yang mencapai level 500-nit yang mampu dilakukan oleh laptop premium paling terang. Uang yang Dibelanjakan dengan Baik

Dell Inspiron 15 3000 (3511) adalah laptop anggaran 15 inci yang solid, jika biasa-biasa saja. Ini meningkatkan banyak masalah yang kami miliki dengan model 3505 sebelumnya, dan dengan masuknya Windows 11, 3511 sudah selangkah di atas pesaingnya. Kurangnya port USB-C, speaker di bawah standar, dan layar redup adalah kekurangan yang harus diperhitungkan, tetapi masih merupakan salah satu laptop anggaran 15 inci yang lebih baik di pasaran, terutama jika Anda menganggapnya di bawah $400.

Latest
Next Post

0 Comments: