Internet 5G yang Akan Mempermudah Hidup Anda

Apa itu 5G Tepatnya?

Jaringan data nirkabel generasi kelima (5G) akan meningkatkan jaringan data nirkabel jauh melampaui apa yang dicapai 3G dan 4G. Ini dirancang untuk menghubungkan semua orang dan semuanya bersama-sama secara virtual, termasuk objek dan perangkat. Ini memiliki kemampuan untuk memberikan kecepatan data puncak multi-GPS yang tinggi, latensi yang sangat rendah, dan kapasitas jaringan 5G yang sangat besar. Dan dengan ini, itu bisa membuat Internet of things (IoT) menjadi sebuah kemungkinan. Sekarang kita tahu apa artinya 5G,

https://www.teknologimaju.com/2021/09/surface-adaptive-kit-untuk-mempermudah.html

Manfaat Teknologi 5G

Internet 5G adalah sesuatu yang telah kita diskusikan selama beberapa waktu sekarang. Ini adalah jenis Internet baru yang mengklaim sebagai pengubah permainan. Itu mencakup semuanya, mulai dari Internet rumah dan telepon Anda hingga industri seperti mobil self-driving, yang lebih futuristik. Bahkan akan lebih mudah bagi Anda untuk menjelajahi Internet untuk mengunduh permainan dan mendapatkan bonus kasino tanpa setoran terbaru. Namun, 5G baru-baru ini menjadi berita karena berbagai faktor yang merugikan, termasuk konspirasi dan spekulasi yang aneh. Untuk memperjelas rumor, mari kita lihat apa itu, manfaat teknologi 5G, dan bagaimana hal itu terjadi.

Mari kita bicara tentang enam manfaat teknologi 5G yang dijelaskan:

  • Kecepatan Lebih Cepat 

  • Latensi Rendah 

  • Bandwidth Tinggi 

  • Pita Frekuensi Radio 

  • Realitas maya 

  • IoT atau Internet of Things Kecepatan Lebih Cepat

Secara teoritis, 5G dapat memberikan kecepatan hingga 100 kali lebih cepat dari 4G. Itu karena 5G menggunakan gelombang frekuensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan 4G atau 3G. Ini kurang ramai saat digunakan dengan perangkat lain. Peningkatan kecepatan antara 4G dan 5G akan membuka banyak kemungkinan. Pada hari yang baik, kecepatan data 4G adalah sekitar 200 megabit per detik. Kecepatan 5G, di sisi lain, dapat mencapai hingga 1.000 megabit per detik. Rata-rata, 4G membutuhkan waktu 45 atau 50 menit untuk mengunduh film, tetapi dengan jaringan 5G, Anda dapat mengunduh film yang sama dalam waktu 9 menit. Jadi, baik Anda streaming video online atau bermain game, 5G akan memberi Anda pengalaman yang lebih lancar.

Latensi Rendah

"Latency" mengacu pada keterlambatan respon atau jeda waktu. Dalam hal latensi, ini 40 milidetik untuk jaringan 4G, sementara itu tetap pada 80 milidetik untuk 3G. Tidak seperti 4G, bentuk Internet baru ini akan memiliki latensi yang dapat diabaikan. Akan layak untuk mengontrol peralatan secara online dalam waktu dekat karena latensi 5G yang rendah. Seharusnya tidak ada jeda waktu antara streaming dan pengunduhan. Kendaraan akan dapat mengirim sinyal satu sama lain untuk menghindari tabrakan. Dengan 5G, latensinya sekitar 21 milidetik hingga 26 milidetik. Itu jauh lebih baik daripada tingkat latensi yang dapat ditawarkan jaringan 4G atau 3G kepada pengguna. Selain itu, ini akan mengubah pengalaman bermain game karena latensi memungkinkan kami untuk melakukan streaming video langsung dan bermain game online dengan kecepatan tinggi. Latensi yang lebih rendah tidak diragukan lagi akan membantu logistik, manufaktur, dan pertanian. Selain itu, para pecinta video game juga sangat menantikan peluncuran 5G.

Bandwidth Tinggi

Jaringan 4G LTE memang memungkinkan untuk mengirimkan data dalam jumlah besar. Tetapi 5G berhasil melampaui batas yang ditetapkan oleh jaringan 4G. Pengguna akan dapat mengirim data dalam jumlah yang lebih besar dengan memanfaatkan 5G. Itu dapat mewujudkannya dengan menggabungkan kapasitas jaringan dengan peningkatan kecepatan. 5G mampu menangani dan mempertahankan tingkat lonjakan penggunaan yang konstan. Ini juga menyediakan opsi yang lebih baik untuk pengoptimalan jaringan lalu lintas. Jaringan 4G gagal dalam properti seperti itu jika dibandingkan dengan layanan 5G terbaru. Penawaran 5G tidak terpengaruh konektivitas yang memungkinkan transmisi data ke audiens global. Itu terutama berlaku untuk tempat dan stadion yang ramai. Setiap ruang di arena dapat memiliki akses dan konektivitas yang sama kuatnya untuk keperluan live streaming. Baik bisnis kecil maupun besar akan mendapat banyak manfaat dari data besar. Peningkatan bandwidth terbaru akan memiliki efek riak di seluruh divisi dan departemen dari merek dan bisnis ini. Di zaman modern, Internet adalah yang terdepan dalam segala hal yang dapat Anda pikirkan. Tim, pemasok, dan pelanggan menyampaikan banyak informasi kepada merek-merek ini melalui Internet. Dalam banyak kasus, tidak mungkin menangani, menganalisis, dan memproses wawasan yang masuk dengan hati-hati. Tetapi itu akan mungkin dengan bantuan analitik data besar dan 5G.

Pita Frekuensi Radio

EFH mengacu pada pita frekuensi radio dengan frekuensi 30 gigahertz hingga 300 gigahertz (GHz). Ponsel yang saat ini tersedia di pasar global hanya menggunakan 5 gigahertz. Konsekuensi dari frekuensi tinggi adalah panjang gelombang yang sangat pendek. Mereka juga disebut gelombang milimeter ketika panjang gelombangnya sekitar 1 dan 10 milimeter. Ponsel cerdas yang kami gunakan mengukur gelombang radio dalam sentimeter. Tapi gelombang milimeter jauh lebih besar dibandingkan. Sampai saat ini, gelombang milimeter hanya ada di satelit dan sistem radar. Sekarang, ada peluang untuk revolusi global dalam hal aplikasi dengan datangnya 5G. Penggunaan 5G juga berarti koneksi lebih padat. Dibandingkan dengan 5G, 4G hanya dapat menghubungkan sekitar 10 perangkat dalam satu kilometer persegi. Namun, 5G dapat mendukung hingga 1 juta perangkat untuk area yang sama.

Virtual Reality

"Virtual Reality," atau hanya VR, adalah simulasi yang dihasilkan oleh program komputer. Melalui penggunaan peralatan elektronik, manusia dapat berkomunikasi dengan dunia 3D yang disimulasikan. Lebih banyak individu akan memiliki akses ke virtual dan augmented reality saat 5G berkembang. Selain itu, simulasi mesin dan kecerdasan buatan manusia adalah AI atau Artificial Intelligence. Sederhananya, kita dapat meningkatkan robot dengan memanfaatkan teknologi 5G untuk melakukannya. Aplikasi VR dan AR (Augmented reality) mendapat manfaat dari kombinasi kecepatan cepat dan latensi minimum.

IoT atau Internet of Things

Internet of Things adalah proyek besar lainnya yang sedang dikembangkan. Dengan perkembangan 5G, banyak gadget fisik akan dapat terhubung satu sama lain. Jadi, bahkan tanpa campur tangan manusia, komunikasi mesin-ke-mesin dapat terjadi. Jika sensor ini ditingkatkan lebih lanjut, kami mungkin dapat menghubungkan rumah kami. Alhasil, setiap gadget atau perangkat di rumah akan saling terkoneksi. Semua ini hanya kemungkinan dengan jaringan yang lebih cepat seperti 5G. Aplikasi lain termasuk mobil tanpa pengemudi dan peningkatan robot. Selain itu, sistem kesehatan dan pendidikan online dapat segera ditingkatkan. Itu sangat berguna di saat-saat yang tidak pasti, misalnya di masa pandemi. Saat ini, banyak orang telah menjadi lebih dekat ke Internet karena baru-baru ini itu satu-satunya cara untuk hiburan dan bersosialisasi.

Previous Post
Next Post

0 Comments: