Review Lenovo Yoga 9i (14 inci): Laptop 2-in-1 berkualitas tinggi dengan layar 4K dan audio yang luar biasa

 Review  Lenovo Yoga 9i 

 
/2021/09/review-lenovo-yoga-9i-14-inci-laptop-2.html

Hallo jumpa lagi di blog teknologimaju.com, blog yang selalu membahas tentang teknologi terbaru, kali ini kita akan mereview laptop keluaran dari brand ternama yaitu Lenovo. Pada sesi ini kita akan mengulas tentang Lenovo Yoga 9i.

Spesifikasi Lenovo Yoga 9i

Prosesor

11th Gen Intel® Core™ i7-1185G7 processor®Core™ i7

Sistem Operasi

Windows 10 Home

Grafis

Intel®Iris®Xe

Layar

Up to 14" UHD (3840 x 2160) WVA, VESA HDR400 + Dolby Vision™, 500 nits, 90% DCI-P3

Memori

16GB LPDDR (dual Channel)

Penyimpanan

1TB SSD PCIe

Baterai

TBD

  • Local video playback: Up to 18 hours
  • MobileMark®2014: Up to 17 hours*

UHD

  • Local video playback: Up to 11 hours
  • MobileMark® 2014: Up to 10 hours*

Audio

  • Rotating Sound Bar dengan Dolby Atmos® speaker system® speaker system
  • 2 x subwoofers
  • 2 x tweeters
  • 2 x webcam mics

Kamera

1M webcam

Dimensi (H x W x D)

Starting at 210,9mm x 318,4mm x 15,3 - 16,4mm / 8,30" x 12,53" x ,57" - 0,62"

Berat

Dimulai dari 1,35kg / 2,98 lbs

Warna

  • Mica
  • Shadow Black dengan cover kulit (opsional)

Konektivitas

  • Sampai dengan Wifi 6 (2x2 802.11ax)
  • Bluetooth®5

Ports / Slots

  • USB-A 3.2 Gen 2
  • 2 x USB-C 3.2 Gen 1 (Thunderbolt 4, DisplayPort power delivery)
  • Headphone / mic combo


Laptop 2-in-1 yang dapat dikonversi dengan layar yang bisa diputar hingga 360 derajat cukup umum akhir-akhir ini, tetapi Yoga 9i dari Lenovo adalah contoh utamanya. Muncul dalam ukuran 14-inci dan 15-inci. 

Ada beberapa konfigurasi yang tersedia dengan prosesor Core i7 generasi ke-11, RAM 16GB dan SSD 512GB, dengan penutup opsional pada tutupnya dan sandaran tangan kaca tempered serta touchpad.

Yoga 9i 14-inci tersedia dalam warna Mica atau Shadow Black , dengan cover kulit asli dan sandaran tangan kaca tempered, touchpad haptic, serta pembaca sidik jari ultrasonik.

Cover berlapis kulit Shadow Black pada model 14 inci, dan ini asli bukan kulit imitasi, yang mungkin tidak populer secara universal. Hal lain yang perlu diperhatikan tentang covernya: kunci, benda tajam, dan bahkan kuku dapat membuat lecet dan melukainya, sehingga tampilan aslinya mungkin tidak bertahan lama.

Dengan atau tanpa pelapis kulit, Yoga 9i memiliki sasis logam berkualitas tinggi dan sangat tangguh. Tutupnya cukup tebal, dan ini sebagian besar bertanggung jawab atas pengukuran kedalaman 16,5mm di bagian paling tebal (belakang), yang mengecil hingga 15,3mm di bagian depan. Jejak desktop 210.9mm kali 318.4mm cukup ringkas. 
 
Baca Juga : Review HP Spectre X360 14

Yoga 9i 14-inci memiliki bobot awal 1,35kg, yang yang lebih berat daripada HP Elite Folio 2-in-1 13,5 inci (1,32kg). Mereka yang memilih versi berbalut kulit pasti akan menambah bobot lebih berat dengan pelindung tambahan .

Ada dua pilihan layar. Yoga 9i memiliki layar sentuh IPS 4K (3.840 x 2.160) yang tajam, jernih, dan cerah. Ini memiliki hasil akhir yang sangat reflektif, kecerahan 500 nits, sertifikasi DisplayHDR 400 dan cakupan 90% dari gamut warna DCI-P3. Dua konfigurasi paling terjangkau memiliki layar FHD (1.920 x 1.080), yang memiliki kecerahan 400 nits.

Layar berada dalam bezel yang relatif tipis, dengan ruang untuk webcam 720p, yang memiliki penutup privasi geser tetapi tidak mendukung Windows Hello, di bagian atas. Bezel bawah sedikit lebih besar dari biasanya untuk laptop akhir-akhir ini, tetapi ketika Yoga 9i diputar ke mode tablet, ini memberikan area pegangan yang wajar saat perangkat dipegang di lekukan lengan. Namun, berat dan ukuran keseluruhan Yoga 9i membuat pengalaman ini kurang nyaman dibandingkan dengan 2-in-1 yang dapat dilepas.
 
Fitur utama Yoga 9i adalah Rotating Sound Bar yang terpasang pada mekanisme engsel layar. Itu berarti suara mengalir ke arah pengguna, terlepas dari apakah Yoga 9i digunakan dalam mode laptop, tenda, atau tablet dalam orientasi terakhir, speaker duduk menghadap ke luar di sepanjang satu sisi panjang. Ada empat speaker, dua subwoofer dan dua tweeter yang menghasilkan suara berkualitas luar biasa. Ada banyak bass, dan tidak ada distorsi bahkan pada volume atas. Seluk-beluk musik orkestra mereproduksi dengan baik, dan konten kata yang diucapkan juga muncul dengan baik. Kalau saja semua pembuat laptop mengambil tip dari Lenovo.

Yoga 9i menyertakan stylus sebagai standar. Panjangnya standar dan lingkarnya ramping, kurang grippy daripada beberapa orang, dan tidak semua orang akan merasa mudah menggunakannya. Di sisi positifnya, ia memiliki rumahan pada sasis dan karenanya akan lebih sulit untuk disetel.Saat bekerja dalam mode laptop, Anda harus mengangkat Yoga dari meja untuk mendapatkan rumah stylus, meskipun itu jauh lebih mudah diakses dalam mode tenda dan tablet. 
https://www.teknologimaju.com/2021/09/review-lenovo-yoga-9i-14-inci-laptop-2.html

Keyboard adalah komponen utama yang digunakan untuk mengetik. Tombol besar berperut buncit memiliki gerakan tegas, dan memancarkan campuran 'thunk' dan 'click', yang keduanya tidak terlalu keras. Bagian bawah dari tombol Enter sedikit lebih sempit.

Sandaran tangan kaca tempered dan touchpad pada unit ulasan Shadow Black saya tidak ada di setiap model Yoga 9i 14 inci -- hanya yang juga memiliki tutup kulit. Ini terlihat agak bagus dan tentu saja merupakan perubahan visual yang disambut baik dari sandaran tangan dan area touchpad yang lebih biasa. Saya telah melihat hal serupa pada laptop Asus dengan layar tambahan di bawah kaca, seperti Zenbook Duo 14. Di sini, lapisan hitam obsidian secara visual mengejutkan -- meskipun Lenovo mengklaim bahwa ia memiliki lapisan tahan sidik jari. sidik jari dengan mudah dan membutuhkan pembersihan rutin.

Sandaran tangan kaca tempered pada model Shadow Black memiliki touchpad haptic dan pembaca sidik jari ultrasonik di sudut kanan atas. Sudut tergores yang menggambarkan fitur-fitur ini sulit dilihat, dan permukaan kaca cenderung mengumpulkan sidik jari.

Sensor sidik jari yang terpasang di sudut kanan atas memiliki batas yang tergores, berkilau, dan reflektif, tetapi menurut saya sangat sulit untuk melihat tanpa bergerak agar cahaya mengenai batas dengan tepat, dan hampir tidak mungkin ditemukan dengan sentuhan. sendiri. Lenovo jelas menyadari hal ini, karena stiker menunjukkan lokasinya. Sensor sidik jari adalah ultrasonik dan akan mengenali angka yang lembap atau, kata Lenovo sesuai dengan waktu saat ini, yang baru dibersihkan.

Touchpad juga memiliki batas terukir, mengkilap dan reflektif, yang juga sulit dilihat, meskipun tidak sesulit sensor sidik jari.

Karena tidak dapat bergerak untuk mengakui penekanan area kiri dan kanan yang dapat diklik, touchpad memberikan umpan balik haptic sebagai gantinya. Lenovo menemukan hal positif di sini, mengatakan bahwa area yang dapat diklik telah meningkat hampir setengahnya, dan memang klik kiri dan kanan dapat dilakukan sedikit lebih jauh ke arah tengah touchpad daripada biasanya.

Kelebihan  Lenovo i9

  • Speaker luar biasa di Rotating Sound Bar
  • Stylus dengan housing di perangkat
  • Beberapa opsi yang telah dikonfigurasi sebelumnya
  • Layar 4K yang luar biasa

Kekurangan Lenovo i9

  • Touchpad haptic tidak berfungsi
  • Tidak ada dukungan Windows Hello
  • Pemindai sidik jari sulit ditemukan
  • Masa pakai baterai sedang untuk model 4K
  • Berjalan sedikit hangat (model 4K)


Previous Post
Next Post

0 Comments: