Laptop Gaming AMD Terbaik

ASUS ROG Zephyrus G14 (2021): laptop Gaming AMD Terbaik 

https://www.teknologimaju.com/2021/09/laptop-gaming-amd-terbaik.html

 

ASUS membuat beberapa perbaikan penting qyang membuatnya mudah direkomendasikan. Berkat chip AMD yang efisien, ASUS ROG Zephyrus G14 lebih dari sekadar laptop gaming standar. Sekarang, dengan prosesor AMD Ryzen 5000HS baru, kinerja single-core telah meningkat dan karenanya harus memberikan beberapa frame rate yang berbeda dalam game dan membantu dalam beban kerja produktivitas. Dengan tampilan yang bagus dan masa pakai baterai, ini adalah pilihan yang baik untuk pengguna produktivitas dan pencipta juga, mudah dibawa dan memiliki getaran game dengan pencahayaan Anime Matrix di bagian atas. Kemudian Anda memiliki grafis NVIDIA GeForce RTX 30-series terbaru, yang kuat dan menghadirkan fitur eksklusif seperti ray-tracing, DLSS ke laptop; faktor bentuk ini sebagai ROG Zephyrus G14. Jadi, laptop gaming di tahun 2021 ini masih menjadi standar emas bagi siapa saja yang ingin memiliki pilihan gaming/produktivitas yang sempurna.

Berikut spesifikasi ASUS ROG Zephyrus G14 (2021):

• Prosesor: Prosesor AMD Ryzen 9 5900HS, Kecepatan Dasar 3,1 GHz, Kecepatan Peningkatan Maks hingga 4,5 GHz, 8 Core, 16 Thread, Cache L3 16MB

• Memori: 32GB (16GB onboard + 16GB SO-DIMM) DDR4 3200MHz, Mendukung Hingga 24GB menggunakan 1x slot SO-DIMM | Penyimpanan: 1TB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD

• Grafik: NVIDIA GeForce RTX 3060 GDDR6 6GB VRAM, Dengan ROG Boost hingga 1382MHz pada 60W + 20W dengan Dynamic Boost

• Layar: 14-inci (35,56 cm) WQHD (2560 x 1440) 16:9, 300nits, Kecepatan Refresh 120Hz, Panel Anti-silau level IPS, Rasio Kontras 1000:1, 100% DCI-P3, teknologi Adaptive-Sync , Pantone Divalidasi

• Perangkat Lunak Termasuk: Office Home and Student 2019 Pra-instal dengan Validitas Seumur Hidup, McAfee Anti-Virus Dengan validitas 1 tahun | Sistem Operasi: Windows 10 Home (64bit) .

• Port I/O: 1x USB 3.2 Gen 2 Tipe C dengan Pengiriman Daya, Port Tampilan dan G-Sync, 1x USB 3.2 Gen 2 Tipe-C, 2x USB 3.2 Gen 1 Tipe-A, Jack Audio Kombo 1x 3,5mm, 1x Desain & Pembuatan HDMI 2.0b Varian Eclipse Gray di sini terlihat luar biasa, terutama saat Anda menyalakan Anime Matrix untuk memamerkan gaya Anda.

Tidak banyak perubahan dalam kualitas build atau desain secara keseluruhan, sehingga Anda tetap memiliki laptop gaming 14 inci yang kokoh dengan estetika yang bersih dan nuansa premium.

1.215 mini-LED yang terletak di bawah pada layar AniMe Matrix™ tampak hebat tetapi lumayan menguras baterai. Selain itu, ASUS telah menggunakan panel yang lebih baik kali ini yang lebih akurat dari sebelumnya, dan ini sangat membantu mereka yang ingin mengembangkan konten di laptop ini. ASUS harus menggunakan rasio aspek 16:10 sehingga tampilan QHD memiliki lebih banyak area layar dalam sasis 14 inci yang lebih kecil. Selain itu, kecerahan puncak 300 nits cukup untuk penggunaan di dalam ruangan sementara bukan di luar ruangan terbaik yang masih dapat digunakan.

Menggunakan GPU RTX 3060 berarti Anda memiliki tenaga yang kuat yang cukup untuk menjalankan game di QHD,adn memiliki panel resolusi tinggi.

Selain itu, kecerahannya mencapai 320 nits dan meskipun rasio kontrasnya bukan yang terbaik, menonton film atau bermain game terlihat sangat bagus dalam hal ini. Secara keseluruhan, saya sangat menikmati bermain game di layar dengan warna yang akurat ini dan berkat kecepatan refresh 120Hz juga dengan fitur seperti NVIDIA Reflex; game benar-benar lancar dalam hal ini. Sekarang, jika Anda seorang pecandu Netflix seperti saya, Anda dapat menonton film dan streaming serial web selama berjam-jam tanpa masalah dengan visual yang bagus. Pertunjukan Dalam hal kinerja, Anda diurutkan karena Anda memiliki prosesor AMD Ryzen™ 9 5900HS delapan inti 16 ulir dengan kecepatan clock boost hingga 4,5 GHz. Ini dilengkapi dengan 32GB dual-channel 3200MHz DDR4 RAM dan 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD.

GPU di dalamnya sangat mumpuni dan bertenaga meski tidak sekuat yang menyedot TDP masif, namun dengan ROG Boost, GPU naik hingga 1382MHz pada 60W (80W dengan Dynamic Boost). Dalam mode turbo, setelah memasang pengisi daya, Anda bisa mendapatkan kinerja yang baik dari laptop ini.

Berikut beberapa benchmark dari ASUS ROG Zephyrus G14 (2021): Seperti yang Anda lihat di benchmark, Anda memiliki peningkatan besar dalam kinerja single-core dengan arsitektur Zen 3 baru, yang membantu dalam bermain game. Di multi-core juga, kami memiliki beberapa peningkatan; namun, ia hanya menarik 35W TDP masih mampu bersaing dengan Intel Core i9-11900H yang lebih kuat.

Sementara satu-satunya keluhan saya tetap seperti pendahulunya, SSD yang digunakan di sini bisa lebih cepat: SSD NVMe di sini meningkatkan kecepatan baca hingga 1889MB/dtk dan tulis 1748MB/dtk; Secara keseluruhan, Anda tidak akan kecewa dengan kinerja game karena masih bagus dan menggunakan NVIDIA DLSS di game yang didukung, Anda dapat meningkatkan frame tanpa mengorbankan kinerja.

Sedangkan untuk gaming, colok charger dan nyalakan mode Turbo untuk performa gaming terbaik. Namun, pembuangan panas kali ini jauh lebih baik daripada tahun lalu. Jika Anda melihat grafik termal, CPU dapat mencapai kecepatan tinggi selama mode turbo dan dapat menjadi sangat panas menggunakan beban GPU 100% saat diperlukan, tetapi Ryzen 9 5900HS berbasis 35W yang efisien sangat efisien, baik untuk bermain game maupun produktivitas. Suhu sangat normal di bawah suhu kamar ketika Anda melakukan pekerjaan sehari-hari; namun, mereka berfluktuasi saat Anda menggunakan mode turbo atau performa dan sedikit memanas selama sesi permainan yang panjang.

Jika Anda menggunakan versi RAM 16GB, stik 8GB dapat diupgrade ke RAM 24GB. Meskipun tidak ada slot SSD tambahan, Anda dapat mengganti SSD 1TB dengan SSD yang lebih cepat. 

Port & Konektivitas 

Dari segi port, Anda hampir sama dengan pendahulunya dengan satu USB Type C 3.2 Gen 2, satu jack headphone 3.5mm, 1x port HDMI 2.0b. Di sebelah kanan, Anda mendapatkan satu USB 3.2 Gen 2 Type-C, dua port USB 3.2 Gen 1 Type-A, jadi Anda cukup tercakup dengan semua opsi port. Selain itu, Anda dapat mengisi daya laptop dengan salah satu port Type-C sebagai bonus tambahan, meskipun pengisian dayanya lambat. 

Untuk konektivitas, Anda memiliki opsi Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.1 (Dual-band) 2*2 yang cukup untuk memberikan kinerja terbaik di kelasnya. Anda mendapatkan kecepatan unduh yang baik. 

Keyboard & Trackpad 

Di segmen ini, tidak ada perbaikan tombol karena keyboard di ROG Zephyrus G14 sudah bagus. Jadi, bagaimanapun saya lebih suka menggunakan mouse, tetapi keyboard dengan lampu latar sangat nyaman untuk mengetik, dan saya menikmati mengetik ulasan di laptop ini. Pemindai sidik jari masih dimasukkan ke dalam tombol daya untuk login lebih cepat dan menyelesaikan pekerjaan dengan aman. 

Audio & Kamera Web 

Untuk audio, Anda juga memiliki dua speaker 2.5W dengan Teknologi Smart Amp; berkat Dolby Atmos, Anda mendapatkan efek stereo, ini akan membuat speaker menjadi nyaring. Suaranya tidak terdistorsi dan akurat, jadi untuk mendengarkan musik atau bermain game, anda bisa memilih untuk tidak menggunakan headphone karena bassnya sudah bagus. Sayangnya, bahkan pada tahun 2021, ROG Zephyrus G14 tidak memiliki webcam khusus, dan Anda harus menggunakan webcam eksternal.

Daya tahan baterai 

ASUS ROG Zephyrus G14 (2001) memberikan salah satu daya tahan baterai terbaik di laptop gaming. Namun, untuk meningkatkan masa pakai baterai, Anda harus melakukan dua hal: 

• Buka perangkat lunak ARMORY CRATE dan nyalakan mode iGPU saat menggunakan baterai 

• Instal grafis AMD untuk membantu laptop menggunakan iGPU saat Anda tidak bermain game, Berkat baterai 76WHrs yang sangat besar, ASUS menjanjikan masa pakai baterai yang baik, dan  kebanyakan menggunakannya dalam mode terpasang untuk bermain game. Anda dapat dengan mudah mendapatkan 7-8 jam masa pakai baterai dan peregangan hingga 10 jam jika menonton film. 

Kelebihan Asus ROG Zephyrus G14(2021)

• Desain & pembuatan yang bagus 

• Peningkatan tampan di layar, QHD 120Hz adalah bonus tambahan 

• Performa luar biasa baik untuk produktivitas & game

• Keyboard yang nyaman 

• Opsi yang dapat diupgrade 

• Pilihan konektivitas yang baik 

Kekurangan Asus ROG Zephyrus G14(2021)

• Tidak ada port Thunderbolt 

• Tidak ada kamera web 

• Putusan trackpad kecil 

ASUS ROG Zephyrus G14 (2001) yang baru masih merupakan laptop gaming yang bagus untuk harganya, dan perbaikan kecil tersebut membuatnya lebih baik. Meskipun ada perubahan visual pada desainnya, tampilan dan estetika yang bersih membuat laptop ini lebih dari sekadar laptop gaming biasa. Ini efisien, tampilannya bagus untuk bekerja, dan audionya juga cukup keras; jika Anda menginginkan lebih dari sekadar laptop gaming, ini dia. Dengan prosesor AMD Ryzen 5000HS, laptop ini sangat efisien untuk segala jenis beban kerja, dan performa gaming kali ini jauh lebih baik, dan tampilan QHD secara visual memikat. Secara keseluruhan, jika Anda menginginkan laptop gaming dengan masa pakai baterai yang lama, akurasi warna yang baik untuk tampilan, performa gaming yang luar biasa, tidak perlu mencari lagi karena ROG Zephyrus G14 masih merupakan pilihan yang solid untuk para gamer!

Previous Post
Next Post

0 Comments: