Oppo Color OS 12 , Tampilan Baru Oppo

Color OS 12 hands-on: Tampilan Skin Oppo yang familier dengan Android 12


 

Setelah rilis resmi Android 12, penantian panjang untuk dukungan yang lebih luas dimulai. Oppo adalah salah satu yang pertama mengungkapkan garis waktu publik untuk pendapat mereka tentang peningkatan versi Android terbaru Google melalui Skin Color Oppo sendiri.

Oppo tetap bertahan dengan Color OS 12 dan skin berbasis Android 12 merupakan perpaduan menarik dari sebagian besar fitur terbaru, dengan tetap mempertahankan estetika desain Color OS.

Oppo memasok satu unit Find X3 Pro untuk menguji sistem operasi sebelum rilis dan beberapa build pertama terbukti agak bermasalah. Melalui serangkaian pembaruan selama seminggu, Oppo telah menghaluskan sebagian besar bug yang melanggar kesepakatan, dan versi yang kami gunakan untuk praktik kami kurang lebih siap untuk digunakan sebagai driver harian. Mari kita lihat semua perubahan besar (dan kecil) yang dapat Anda harapkan dari Color OS 12 saat diluncurkan ke ponsel Anda mulai akhir tahun ini.

Oppo Color OS 12: Tampilan dan nuansa

Oppo berbicara tentang penyempurnaan dan peningkatan halus di seluruh kulit dan itulah yang Anda dapatkan. Pengguna lama Color OS akan merasa seperti di rumah sendiri, tetapi beberapa perubahan seperti rendering dan pemotongan teks yang lebih baik menonjol.

Oppo mengklaim telah bekerja dengan pakar linguistik untuk melokalkan teks dalam 67 bahasa termasuk 13 bahasa India dan memastikan teks mengalir dengan sempurna apa pun bahasanya. Ambil, misalnya, halaman Pengaturan. Teks ditata dan disejajarkan secara merata. Ini tidak selalu terjadi sebelumnya.

Pemilih warna berbasis wallpaper untuk sorotan tema membawa sepotong Material Anda ke Color OS.

Meskipun Anda tidak akan mendapatkan perombakan penuh gaya Material You di sini, Oppo telah memilih beberapa fitur seperti pemilih warna otomatis di pemilih wallpaper. Alat ini dapat menyesuaikan warna ikon di tema dasar agar sesuai dengan pilihan wallpaper. Widget seperti jam juga telah diperbarui untuk menampilkan desain yang lebih bulat sesuai dengan pedoman Material You. Selain itu, ponsel ini dikirimkan dengan paket ikon bergaya Material untuk membuat Anda sedikit lebih dekat dengan visi Google.

Fitur bilah sisi di Color OS adalah tempat kami mulai melihat beberapa peningkatan fungsional. Fitur streaming latar belakang baru memungkinkan Anda mematikan layar ponsel sambil terus mengalirkan konten dari layanan yang didukung. Fitur ini berfungsi seperti yang diiklankan di Netflix dan Prime Video, dan saya dapat melihatnya berguna saat menonton film dokumenter atau video yang tidak membutuhkan banyak perhatian aktif.

Sementara itu, halaman baterai di Pengaturan juga telah dirombak untuk memberi pengguna lebih banyak indikator visual untuk mengukur konsumsi baterai. Satu tombol juga telah ditambahkan untuk mengurangi konsumsi daya dengan menonaktifkan fitur seperti layar 120Hz, mode performa tinggi, dan banyak lagi.

Peningkatan privasi

Color OS 12 menghadirkan semua fitur privasi Android 12 standar termasuk dasbor privasi untuk mengawasi semua izin yang digunakan oleh aplikasi selama tujuh hari terakhir. Selain itu, indikator untuk akses kamera dan mikrofon juga muncul di bilah status setiap kali aplikasi tertentu mengaksesnya. Mirip dengan iOS, Anda sekarang dapat memilih lokasi GPS yang lebih umum saat memberikan akses GPS ke aplikasi.

Color OS 12 mengemas semua fitur keamanan yang dipuji oleh Android 12 termasuk dasbor privasi yang bekerja bersama-sama dengan aplikasi pengelola telepon Oppo.

Ini melebihi dan di atas aplikasi Manajer Telepon Oppo sendiri yang juga mendapat perombakan visual kecil. Pengaturan dasar dan alat tambahan sekarang dibagi menjadi dua tab terpisah. Tidak ada fitur baru di sini, tetapi Color OS sudah memiliki serangkaian opsi yang sangat kuat untuk mengontrol izin dan, lebih khusus lagi, apa yang dapat atau tidak dapat dilakukan ponsel Anda. Pengguna lama akan merasa betah, tetapi indikator visual baru, tampilan yang lebih bersih, dan tooltips untuk menjelaskan fungsionalitas akan sangat membantu pengguna baru untuk memanfaatkan fitur tersebut.

Kegunaan

Oppo juga telah membangun peningkatan kinerja di Android 12. Perusahaan mengklaim bahwa penggunaan memori turun 30% sementara konsumsi daya back-end juga berkurang 20%. Sulit untuk menguji ini secara efektif pada flagship yang sudah memiliki prosesor top-of-the-line dan RAM 12GB. Namun, manfaatnya harus diterjemahkan dengan baik ke pengalaman yang lebih tajam pada perangkat keras kelas bawah. Selain itu, konsumsi baterai oleh tugas latar belakang juga telah berkurang sebesar 20% — perubahan yang sangat terlihat pada perangkat lunak selanjutnya di mana Find X3 Pro secara teratur bertahan selama satu hari penggunaan.

Fitur Color OS 12: Bit tambahan

Jika pembaruan terlihat inkremental bagi Anda, Anda tidak salah. Color OS 12 menghadirkan sedikit tweak visual dan privasi penting dari Android 12, dan hanya itu. Ini adalah sistem operasi yang konsisten dan matang dan Oppo mengambil langkah kecil menuju pedoman antarmuka baru untuk menghindari mengasingkan pengguna jangka panjang.

Yang mengatakan, ada beberapa fitur lagi yang masih dalam pengembangan yang akan membantu membedakan ponsel.

  • PC Connect: Fungsinya mirip dengan utilitas Kolaborasi Multilayar Huawei, PC Connect memungkinkan Anda mentransfer teks, gambar, dan panggilan telepon ke komputer Anda. Fitur ini akan diluncurkan tahun depan dengan Color OS 12.1 dan akan membutuhkan aplikasi pendamping pada mesin Windows. Tidak ada dukungan Mac atau Linux di sini.
  • Google Apps: Color OS 12 menggunakan aplikasi Google Dialer, Kontak, dan Perpesanan secara menyeluruh. Selain itu, ini juga menandai kembalinya umpan Google Discover di peluncur. Menggesek dari kiri menarik umpan Google Assistant standar untuk akses cepat ke konten Google Discover serta fungsi pencarian.
  • Avatar Omoji: Oppo mengikuti jejak Apple dengan Omoji, perusahaan mengambil Memoji yang selalu populer. Avatar virtual menawarkan tingkat penyesuaian yang diperluas untuk membuat karakter yang cukup mirip dengan penampilan Anda. Karakter virtual kemudian dapat meniru gerakan Anda menggunakan kamera depan dan pengguna dapat mengambil foto atau merekam pesan video menggunakan avatar. Fitur ini tidak tersedia saat peluncuran dan kami tidak dapat mengujinya tepat waktu untuk praktik langsung.
  • Percakapan: Fitur standar Android 12 seperti gelembung percakapan dan widget percakapan yang menawarkan satu titik komunikasi di seluruh obrolan terbaru pada platform yang didukung juga disertakan.

Tanggal rilis dan kelayakan Color OS 12

Peluncuran Color OS 12 diharapkan akan dimulai dengan Find X3 Pro nanti pada bulan Desember dengan perangkat Reno dan A-series yang dijadwalkan untuk menerima pembaruan Android 12 pada paruh pertama tahun 2022. Oppo secara khusus berkomitmen untuk memperbarui Find X3 dan Temukan ponsel seri X2, serta jajaran Reno 4. Terakhir, Oppo A94, A74 5G, dan A75 5G juga harus mendapatkan pembaruan awal tahun depan.

Perangkat berorientasi anggaran di A-series harus mendapatkan pembaruan Color OS 12 pada paruh kedua tahun depan. Dalam panggilan dengan Otoritas Android, Oppo juga mengkonfirmasi bahwa beberapa perangkat yang lebih berorientasi anggaran mungkin mendapatkan versi Color OS 12 yang lebih ringan. Perusahaan belum mengonfirmasi jadwal untuk itu.

Sama pentingnya adalah jaminan pembaruan. Oppo sekarang berkomitmen untuk tiga pembaruan utama untuk seri Find X sementara seri Reno dan F akan mengharapkan dua pembaruan Android bersama dengan empat tahun patch keamanan. Seri A, di sisi lain, akan mendapatkan satu pembaruan bersama tiga tahun dukungan keamanan.

Apa pendapat Anda tentang Color OS 12? Bermain aman atau persis seperti yang Anda harapkan?

Previous Post
Next Post

0 Comments: