Android 12 resmi diluncurkan

Android 12 resmi diluncurkan: Inilah yang perlu Anda ketahui

 https://www.teknologimaju.com/2021/10/android-12-resmi-diluncurkan.html

Google baru saja menyelesaikan acara Fall Pixel Launch di mana perusahaan dengan cermat memandu pemirsa melalui Pixel 6 dan Pixel 6 Pro barunya, bersama dengan prosesor internal pertamanya, Google Tensor.

Kedua ponsel menjalankan Android 12 di luar kotak, jadi saya berharap kami akan mendengar sesuatu selama acara streaming tentang peluncuran sistem operasi seluler berikutnya dari Google. Alih-alih membuat pengumuman resmi selama acara, Google diam-diam menerbitkan posting blog yang merangkum beberapa fitur yang tersedia di Android 12 dan mengumumkan bahwa itu sekarang tersedia secara resmi untuk perangkat Google Pixel. Untuk lebih jelasnya, itu berarti Anda memerlukan Pixel 3 atau yang lebih baru.

Android 12 penuh dengan fitur baru, dan bisa dibilang, desain ulang terbesar dari antarmuka Android secara keseluruhan yang pernah kami lihat. Ada fitur privasi baru di Android 12, termasuk dasbor yang memberi Anda garis waktu aplikasi mana yang mengakses informasi pribadi Anda, alat tangkapan layar baru yang dapat digulir, dan banyak penyesuaian dan peningkatan lainnya.

Jika Anda memiliki ponsel Pixel yang kompatibel, Anda dapat mendownload dan menginstal Android 12 sekarang juga. 

Apa nama Android versi terbaru? 

Google telah meninggalkan skema penamaan makanan penutup publiknya

Dengan rilis Android 10 pada tahun 2019, Google mengumumkan tidak akan lagi menggunakan nama makanan penutup untuk rilis tahunan pembaruan Android. Tahun lalu, Google merilis Android 11. Dan tahun ini, Android 12.

Yang mengatakan, Google masih menggunakan permen sebagai nama kode internal untuk rilis mendatang, dan terima kasih kepada Pengembang XDA, yang telah berbagi banyak informasi tentang pembaruan OS, kami memiliki ide bagus bahwa secara internal itu disebut "Snow Cone."

Kapan Android 12 akan dirilis?

·         Google merilis beta pengembang pertama pada 18 Februari

·         Rilis publik resmi terjadi pada 19 Oktober untuk ponsel Pixel

Proses pengembangan untuk setiap versi baru Android memakan waktu lama, dengan beta pengembang biasanya dirilis di awal tahun. Pada tahun 2020, Google merilis beta pengembang pertama Android 11 pada 19 Februari. Hampir setahun kemudian, Google mengumumkan Android 12 pada 18 Februari.

Selama beta, siapa pun dengan ponsel Android yang kompatibel seperti Google Pixel dapat mendaftar dan membantu Google menguji versi Android berikutnya.

Rilis resmi biasanya terjadi menjelang akhir musim panas setelah pengembang memiliki waktu untuk menyiapkan aplikasi mereka untuk API baru, dan Google memiliki waktu untuk menyelesaikan pembangunan dan menyingkirkan bug yang tersisa. Tahun lalu, Android 11 dirilis pada 8 September.

Android 12, bagaimanapun, diadakan hingga 19 Oktober - hari yang sama Google mengumumkan Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

·         Kontrol privasi baru

  • Peningkatan dukungan untuk perangkat Google lainnya 
  • Perubahan desain baru dan banyak lagi

Google mengambil langkah mundur dan sepenuhnya mendesain ulang banyak cara Android terlihat dan bekerja. Misalnya, fitur baru yang disebut Material You akan mengambil warna inti dari wallpaper ponsel Anda, dan kemudian akan menyesuaikan tampilan sistem Anda — termasuk bayangan notifikasi, panel pengaturan cepat, widget tampilan baru, dan banyak lagi. Ini akan diluncurkan sebagai fitur eksklusif untuk ponsel Pixel Google sendiri, tetapi Anda harus membayangkan itu pada akhirnya akan mencapai semua perangkat Android.

Bayangan pemberitahuan dan panel pengaturan cepat memiliki tampilan baru, terlepas dari fitur pencocokan warna. Tombol untuk pengaturan lebih besar, lebih mudah dibaca dan terlihat lebih mudah dinavigasi. Notifikasi juga memiliki tampilan baru, dengan pengelompokan dan interaksi yang terasa menyenangkan.

Masuk ke Asisten Google tidak lagi perlu digesek ke atas dari sudut layar ponsel Anda; sebagai gantinya, Anda sekarang harus menekan lama tombol daya untuk memicu asisten pribadi.

Sejauh menyangkut privasi, Google semakin serius membantu pengguna Android menyimpan informasi pribadi mereka untuk diri mereka sendiri. Ada opsi berbagi lokasi baru yang memungkinkan Anda hanya menyediakan aplikasi dengan info lokasi umum Anda, bukan lokasi persis Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan aplikasi Walmart untuk mencari sesuatu, itu akan meminta lokasi Anda. Namun, apakah Walmart benar-benar perlu tahu di mana rumah atau kantor Anda? Mungkin tidak. Sebagai gantinya, Anda dapat memberi tahu Android 12 untuk memberikan lokasi umum Anda, seperti sisi selatan kota Anda.

Ada juga titik-titik berwarna baru yang akan muncul di bagian atas ponsel Anda untuk memberi tahu Anda saat aplikasi menggunakan kamera atau mikrofon Anda (fitur lain yang dimiliki pengguna iPhone saat ini). Saat Anda melihat salah satu indikator ini, Anda dapat menggesek ke bawah dari atas layar untuk melihat panel pengaturan cepat Anda dan pada gilirannya menonaktifkan akses ke salah satu fungsi untuk aplikasi tertentu itu.

Untuk kontrol yang lebih besar lagi, dasbor privasi baru akan menunjukkan kepada Anda setiap kategori data pribadi yang sedang diakses dan menunjukkan kepada Anda aplikasi dan waktu yang tepat saat itu diakses. Dengan informasi itu, Anda kemudian dapat membatasi akses ke aplikasi yang Anda rasa terlalu agresif.

Google juga menambahkan kemampuan bagi pengguna Android untuk mengambil tangkapan layar yang dapat digulir. Ini adalah alat yang berguna untuk saat-saat ketika Anda ingin mengambil tangkapan layar dari halaman web yang sangat panjang, atau mungkin percakapan di aplikasi obrolan. Sekarang Anda hanya perlu mengetuk beberapa tombol. Fitur baru lainnya mengubah cara kerja rotasi otomatis. Google sekarang menggunakan kamera depan pada ponsel Android dan menyesuaikan rotasi layar berdasarkan wajah Anda. Dengan kata lain, Anda akan segera dapat berbaring di tempat tidur dan menggunakan telepon tanpa memutar ke mode lanskap.

Kapan ponsel non-Pixel akan mendapatkan Android 12?

Jika Anda tidak memiliki Pixel, Anda bisa menunggu beberapa saat

Pertanyaan bagus. Dan satu yang kita tidak punya jawaban untuk saat ini. Rilis Android baru selalu dimulai dengan perangkat Pixel, dan akhirnya sampai ke perangkat non-Google. Tetapi jumlah waktu yang diperlukan untuk itu terjadi tergantung pada perusahaan. Di masa lalu, perusahaan seperti Motorola atau OnePlus kadang-kadang merilis pembaruan besar satu atau dua hari kemudian.

Namun, perusahaan seperti Samsung secara historis membutuhkan waktu berbulan-bulan – dalam beberapa kasus beberapa bulan – sebelum pembaruan OS utama dirilis. OneUI 4, pembaruan besar Samsung berikutnya yang mencakup Android 12, saat ini dalam versi beta untuk Galaxy S21, yang berarti dapat dirilis sebelum akhir tahun untuk perangkat tertentu.

 


Previous Post
Next Post

0 Comments: