Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Tips Untuk Mendapatkan Uang dari Youtube

 

cara mendapatkan uang dari youtube
gambar: pngtree.com

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan youtube. Lebih dari 50% orang Indonesia menggunakan internetnya untuk mendengan lagu atau menonton video dari youtube. Tentu ini menjadi ladang uang bagi pekerja konten kreator. Banyak konten kreator youtube di Indonesia menjadi kaya raya berkat youtube. Bahkan saat ini banyak artis yang mulai beralih ke youtube. Anda tentu sudah tidak asing dengan nama Deddy Corbuzier, artis yang saat ini beralih ke youtube dengan mengusung tema Podcast. Bahkan penghasilan dari youtubnya sendiri ditaksir mencapai ratusan juta bahkan milyaran perbulannya.

Ditengah pandemi covid 19 ini banyak konten kreator baru bermunculan. Banyak orang-orang yang awalnya pekerja perusahaan yang telah di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) justru sukses dengan menjadi konten kreator youtube.

Untuk Anda yang mempunyai kreatifitas tinggi tidak ada salahnya anda juga mencoba keberuntungan dari youtube. Artikel ini akan memandu Anda untuk membuat konten yang berkualitas sampai menghasilkan uang:

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

1. Tentukan Topik yang akan Ditampilkan di Video Anda (Riset Keyword)

Pemilihan topik ini sangat penting untuk kelangsungan youtube Anda. Cari topik atau tema yang dicari banyak orang di youtube. Anda bisa mencari tema untuk youtube Anda dengan melakukan riset keyword. Riset Keyword akan menampilkan topik apa yang saat ini tengah ramai dilihat orang. Anda bisa melakukan riset keyword untuk YouTube menggunakan Google Trends. Caranya Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci di Youtube Search. Youtube akan memberikan prediksi kata kunci, misalnya, ketika mengetikkan kata kunci Bakso maka youtube akan memberikan prediksi seperti: Cara Membuat Bakso, Bakso Terenak di Jakarta, Bakso Setan dan lain-lain.

2.      Kualitas Video

Disaat membuat video untuk konten youtube Anda harus mempersiapkan dengan sebaik mungkin, dari mulai konsep, pembuatan video, editing video hingga upload video. Kualitas video hingga suara yang dihasilkan harus bagus agar pengunjung konten youtube Anda betah untuk melihat video. Tidak perlu kamera yang mahal untuk menghasilkan kualitas yang bagus, memakai kamera HP pun hasilnya bisa bagus jika Anda bisa mengeditnya dengan baik.

3.      Konsisten

Menghasilkan uang dari youtube bukan sekedar upload video dan langsung mendapatkan uang, tetapi juga Anda harus memenuhi syarat dari youtube, dari mulai jumlah jam tayang hingga jumlah penonton video Anda. Maka dari itu Anda harus konsisten untuk mengembangkan chanel youtube Anda hingga mendapatkan uang. Agar konsisten dan tidak bosan Anda bisa mengambil tema youtube sesuai dengan hobi.

Faktor yang Menentukan Rangking di Youtube

Youtube sama halnya dengan website atau blog. Jika website atau blog mendapat peringkat teratas dalam pencarian maka sudah bisa dipastikan blog tersebut akan mendapatkan banyak pengunjung. Begitu juga di Youtube, Anda akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan chanel lain di youtube. Agar youtube Anda bisa berada diposisi atas maka perhatikan hal-hal berikut ini:

1.      1. Jumlah Subscriber Setelah Menonton Video

Penonton yang Subscribe setelah menonton chanel Anda adalah sinyal yang bagus kepada youtube untuk chanel Anda. Artinya penonton chanel Anda menyukai video yang Anda buat.

2.      2. Jumlah Komentar

Komentar yang banyak di video Anda juga bisa membuat video menduduki peringkat teratas youtube. Tidak semua orang berkenan untuk meninggalkan komentar di video YouTube.

Anda bisa meminta penonton untuk meninggalkan pertanyaan atau ide-ide untuk video selanjutnya. Dengan begitu penonton terdorong untuk mengomentari video Anda.

3.      3. Share Video ke Media Sosial 

        Untuk mendapatkan jumlah penonton yang banyak Anda bisa share video ke media sosial. Ketika video yang Anda bagikan menarik perhatian penonton mereka akan suka rela untuk membagikan video ke teman atau media sosialnya. Hal ini tentu akan membuat video Anda bisa menempati peringkat pertama di youtube.   

      4. Click Through Rate (CTR)

CTR adalah rasio jumlah klik terhadap impression hasil pencarian. Misalnya video muncul 1000 kali di pencarian youtube dan ada 100 orang yang klik  video maka CTR Anda adalah 10 persen. Semakin tinggi CTR maka semakin besar peluang Anda untuk menempati urutan pertama di pencarian.

5.      5. Durasi Video

Durasi video juga berpengaruh untuk membuat video menduduki peringkat pertama di pencarian. Semakin lama durasi video maka akan lebih bagus.Durasi ideal untuk video youtube itu sekitar 10 sampai dengan 15 menit.

Nah jika 5 syarat itu terpenuhi maka akan sangat mudah buat Anda untuk mendapatkan uang dari Youtube.

Tema Video yang Terbukti Banyak Menghasilkan Uang dari Youtube:

1.      1. Daily Vlog

Daily Vlog adalah konten video yang memperlihatkan aktivitas harian kita. Anda bisa mendokumentasikan kegiatan harian seperti Kerja, Sekolah, Mengurus Rumah atau yang lainnya.

2.      2. Review

Konten review saat ini juga sedang ramai ditonton. Sebelum memutuskan untuk membeli barang biasanya orang-orang akan melihat review dari orang lain terlebih dahulu untuk memastikan kualitas produk.

      3. Kecantikan (Beauty Vlogger)

Untuk Anda yang hobi merias wajah bisa mencoba untuk mengambil tema ini. Anda bisa membuat tutorial make up, banyak para wanita yang belajar make up dari menonton video youtube lho,,,,

      4.  Podcast

Podcast adalah rekaman diskusi untuk membahas topik tertentu. Banyak youtuber di Indonesia yang mengambil tema ini seperti Deddy Corbuzier, Ruben Onsu dan masih banyak lagi.

5.      5. Unboxing

Aktivitas membuka paket atau barang yang sering disebut dengan unboxing ini juga banyak peminatnya lho. Tema konten ini sangat sederhana, Anda hanya membuka barang-barang yang berpotensi viral bisa mendatangkan banyak penonton di video Anda.

 

Previous Post
Next Post

0 Comments: